25.000.000 sepeda buatan indonesia

satu hari yang panas, ketika mengambil sepeda yang saya parkir. tidak sengaja saya melihat stiker di sebuah sepeda motor merk ternama, stiker itu kurang lebih bertuliskan ‘25.000.000 product achievement’ yang artinya merk motor ini sudah memproduksi 25 juta unit. ada rasa bangga, karena semua di rakit di indonesia, oleh para insinyur terbaik dari indonesia. kalo mau bicara soal dampak ekonomi bisa panjang..tapi satu hal yang bikin saya miris, merk/brand nya bukan milik indonesia.
sepanjang jalan pulang saya melihat kendaraan yang lewat, buatan indonesia, tapi sayang semua nya brand luar negeri. lalu saya liat sepeda saya, rakitan indonesia dan brand nya milik indonesia. ada sedikit kebanggaan, karena di antara merk merk ternama di jalan saya masih mau naik sepeda buatan anak negeri.
saya jadi bertanya tanya, kapan yah sepeda yang saya pakai ini juga ada stiker 25.000.000 product achievement. terus terang negara kita sangat beruntung, karena merk sepeda asli negeri ini menguasai pangsa pasar negeri sendiri. naik nya kesadaran bersepeda membuat merk P dan U sudah mulai membangun pabrik baru, menambah kapasitas produksi agar bisa memenuhi demand sehingga tidak di ambil oleh merk luar. memang masih ada kekurangan yaitu part sepeda masih menggunakan merk luar..
tanpa dukungan dari kita semua, menggunakan barang brand dalam negeri, produksi sepeda lokal tidak bakal berkembang. saya sendiri takut, jangan sampai sewaktu bersepeda yang saya temui hanyalah merk merk luar.
bapak nya sepeda MTB ada di amrik sana, mereka lah yang pertama tama mulai memproduksi sepeda MTB. mereka adalah The Godfather dari MTB. jadi jangan heran seandai nya teknologi sepeda mereka lebih maju. tapi bukan berarti buatan lokal kalah kualitas dengan mereka. transfer teknologi trus berlangsung. ibarat indonesia dengan batik nya, amerika dengan sepeda nya. orang bule tidak bakal bisa bikin batik sebagus anak negeri yang membuat nya.
ayuk, mari kita dukung sepeda buatan lokal, dengan begitu kita mencintai negeri kita sendiri.
salam gowes..

No comments

PILIH PLATFORM KOMENTAR DENGAN MENG-KLIK

Powered by Blogger.