Contoh Cara Membuat Rancangan Penelitian

Contoh Rancangan Penelitian - Rancangan Penelitian - Metodologi Penelitian

Awalnya saya terinspirasi dari soal Ujian Tengah Semester(UTS)Mata Kuliah Metodologi penelitian, yang salah satunya menyuruh saya untuk membuatkan Rancangan penelitian. Dan yang saya paparkan di bawah ini adalah jawaban saya sendiri dari soal yang ada itu. Kalau di antara saudara ada yang tidak setuju/menyalahkan artikel ini saya mohon maaf, karena jujur saya juga dalam tahap pembelajaran. Oke deh, langsung saja yah, ini dia jawaban saya itu, he...

a. Judul
Pernikahan Masal

b. Poko Latar Belakang
> Banyaknya pasangan hidup yang ilegal
(Tidak terdafar di KUA/ tidak tercatat di KUA)

c. Rumusan masalah
> SDM, kurang memahami Nikah secara Legal
> Fakta yang ada di antaranya selalu ada yang mempermasalahkan masalah
ekonomi yang kurang mampu untuk mendaftarkan di KUA

d. Tujuan dan manfaat
> Mengurangi Perzinahan
> Membantu pasangan hidup yang kurang mampu ekonominya untuk mendaftarkan di KUA
> Menyadarkan pada masyarakat pentingnya legalitas hubungan yang sah menurut
Agama dan Negara

e. Hipotesis
> Pernikahan secara masal dapat membantu dalam membina rumah tangga yang
sakinah, mawadah, warohmah

f. Kerangka pikiran
> [Petugas]-->[sosialisasi pada masyarakat]-->[Masyarakat]-->
[Kegiatan sosial]-->[Respon Masyarakat]

Nah itulah Contoh Rancangan Penelitian - Rancangan Penelitian. Sekaligus jawaban dari soal UTS saya tempo hari, hehe... Dan hohon maaf atas kekurangan.
Semoga bermanfaat.
Powered by Blogger.